Ads

Elemen Dasar Microsoft Word

Setelah kita belajar bagaimana menjalankan program aplikasi Microsoft Word, pada posting kali ini kita belajar dasar dalam menggunakan Microsoft Word. Sebelum menggunakan Microsoft Word ada beberapa hal yang harus di ketahui diantaranya bagian-bagian apa saja yang ada dalam lembar kerja Microsoft Word. Setelah program aplikasi Microsoft Word terbuka dalam tampilan dilayar monitor terdapat beberapa bagian yang perlu di ketahui terlebih dahulu.

Perhatikan gambar di bawah ini.

Bagian-bagian dalam Lembar kerja Microsoft Word














Keterangan :
1. Titel Bar
Titel bar / baris judul untuk memanpilkan judul atau nama file yang sedang aktif atau sedang dibuka. Secara defaul  jika kita membuka lembar kerja baru program aplikasi microsoft word pada title bar dernama "Document1-Microsoft Word".

2. Menu Bar
Deretan menu Pulldown yang berisi perintah-perintah sesuai nama setip menu. Pada program aplikasi microsoft word terdapat 9 deret menu mulai dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Wondow, dan Help.

3. Toolbar Standart
Deretan menu-menu standart yang diwakili dengan gambar icon sebagai tombol percepatan dan alternatif untuk menjalankan perintah yang terdapat di dalam menu bar.

4. Toolbar Formating
Berisi deretan perintah untuk memformat teks / naskah yang sudah diketikan dalam lembar kerja dengan diwakili oleh gambar icon.

5. Ruler
Disebut ruler karena tampilan dari bagian ini seperti layaknya ruler / penggaris yang berisi garis-garis ukuran dan angka untuk menujukan posisi dari teks yang kita buat.

6. Cursor (Kursor)
Kursor adalah tanda yang berkedip-kedip dalam lembar kerja dan akan merespon setiap penekanan tombol keyboard.
 
7. Lembar kerja
Lembar kerja atau area kerja ini adalah tempat dimana kita dapat mengetikan teks / naskah yang akan kita olah.

8. Status Bar
Baris yang berisi petunjuk mengenai posisi kursor pada halaman atau baris keberapa, jumlah halaman,  dll.


Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...

Download Artikel :
File name: Elemen Dasar Microsoft Word.pdf
File size:179.92 KB