Ads

Dasar Menggunakan Microsoft Word

Setelah mempelajari elemen-elemen yang ada dalam tampilan lembar kerja microsoft word maka pada bagian ini membahas bagaimana cara penggunaan dan penerapa beberapa fasilitas yang terdapat dalam program pengolah kata.
Sebelum memanfaatkan beberapa fasilitas yang ada dalam microsoft word jika kita baru pertama kali menggunakan sebaiknya perlu di pelajari tahapan dalam bekerja diantaranya istilah dan langkah berikut ini :


A. Mengetik naskah / domumen
Tahap pertama dalam menggunakan microsoft word yait mengetik naskah terlebih dahulu. Mengetik naskah dilakaukan dalam lembar kerja yang sudah disediakan. Sebagai dasar kita untuk dapat menggunakan yaitu harus tahu fungsi dari hal-hal berikut ini, antara lain :
  1. Kursor / petunjuk pengetikan adalah tanda yang berkedip-kedip dan akan merespon setiap penekanan tombol pada keyboard.
  2. Berpindah ke baris berikutnya / baris di bawahnya  maka kita dapat menggunakan tombol Enter.
  3. Blok / Sorot yaitu perintah yang menunjukan bahwa teks, naskah atau bagian yang dipilih.
B. Mengedit naskah
Setelah kita leakukan pengetikan yang kedua yaitu melakukan pengeditan terhadap teks dari naskah yang sudah selesai di buat. Mengedit naskah yaitu membetulkan, membentuk atau melakukan penataan terhadap susunan naskah supaya terlihat lebih rapi sehingga memudahkan orang yang membaca naskah tersebut untuk memahami ini naskah.

Beberapa hal yang pasti dilakukan dalam pengeditan naskah :
  1. Menggeser / Menggerakkan kursor :
  2. Menghapus / memperbaiki naskah teks yang sudah diketik 
  3. Menggulung dokumen sesuai page / halaman yang akan di edit dengan menggunakan tombol scroll mouse atau menggunakan tombol scroll yang ada dalam jendela microsoft word
  4. Pengaturan tabulasi pada paragraf yaitu dengan menggunakan fasilitas baik yang terdapat dalam tampilan di ruler atau dalam pulldown menubar serta tombol tab pada keyboard.
Untuk sementara dasar untuk menggunakan program pengolah kata microsoft word sampai di sini dulu.



Download Artikel :
File name: Dasar Menggunakan Microsoft Word.pdf
File size:117.17 KB