Ads

Perintah Standar Microsoft Word


Berikut ini beberapa perintah standar dalam program aplikasi Microsoft office word yang dapat digunakan pada waktu memulai pekerjaan sampai dengan pada saat mengerjakan pekerjaan pengolahan kata. Perintah  New Balank Document, Open, Save / Save As, Copy-Paste, Cut-Paste, Zoom merupakan dasar dan perlu di pelajari sebelum menggunakan program aplikasi microsoft word karena beberapa fasilitas dan manfaatnya akan sangat dibutuhkan untuk mempercepat kerja dan dapat mempersingkat waktu. Pelajari langkah-langkah berikut ini :
1.      New Blank Document
Perintah “New Blank Document” adalahperintah untuk membuka lembar kerja baru yang masih kosong dan siap untuk digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan pengolahan kata.

Perhatikan gambar Icon New Blank Document pada toolbar standar berikut ini.

 
Cara membuka lembar kerja baru bisa dilakukan dengan langkah di bawah ini :
  1. Melalui menu Pull Down
1.      Klik menu File
2.      Pilih dan klik New…
3.      Lembar kerja baru akan ditampilkan

  1. Melalui menu Icon toolbar standar
1.      Klik Icon New Blank Document
2.      Lembar kerja baru akan ditampilkan

  1. Melalui Shortcut Key (tombol percepatan pada keyboard)
1.      Tekan tombol Ctrl + N
2.      Lembar kerja baru akan ditampilkan

2.      Save / Save As
Perintah Save adalah perintah untuk menyimpan dokumen yang sudah kita buat sehingga dokumen dapat kita buka lagi di kemudian hari.
Perintah Save As memiliki fungsi yang sama seperti perintah Save tetapi biasanya perintah Save As kita gunakan pada saat melakukan penyimpanan dokumen pertama kali atau jika kita ingin menyimpan dokumen tersebut dengan nama yang lain.

Perhatikan gambar ikon Save pada toolbar standar berikut ini.

Cara menjalankan perintah Save dan Save AS perhatikan langkah berikut ini :
Langkah menjalankan perintah Save :
a.      Melalui menu Pull Down
1.      Klik menu File
2.      Pilih dan klik Save (jika pertama kali kita menyimpan dokumen tersebut maka akan muncul kotak dialog Save As seperti gambar dibawah ini)
                               gb. kotak dialog Save As

3.      Pada kolom Save in pilih posisi / tempat penyimpanan dokumen dalam direktori mana di komputer kita.
4.      Pada kolom File name ketik / tuliskan nama file untuk memberikan nama pada file yang akan kita simpan.
5.      Klik tombol Save

b.      Melalui Icon pada toolbar standar
1.      Klik Icon Save (jika pertama kali kita menyimpan dokumen tersebut maka akan muncul kotak dialog Save As seperti gambar diatas)
2.      Pada kolom Save in pilih posisi / tempat penyimpanan dokumen dalam direktori mana di komputer kita.
3.      Pada kolom File name ketik / tuliskan nama file untuk memberikan nama pada file yang akan kita simpan.
4.      Klik tombol Save

c.       Melalui Shortcut Key (tombol percepatan pada keyboard)
1.      Tekan tombol Ctrl + S pada keyboard (jika pertama kali kita menyimpan dokumen tersebut maka akan muncul kotak dialog Save As seperti gambar diatas)
2.      Pada kolom Save in pilih posisi / tempat penyimpanan dokumen dalam direktori mana di komputer kita.
3.      Pada kolom File name ketik / tuliskan nama file untuk memberikan nama pada file yang akan kita simpan.
4.      Klik tombol Save

Langkah menjalankan perintah Save As :
Perintah Save As dapat dilakukan seperti perintah diatas, tetapi pada saat pemilihan lokasi penyimpanan dan pemberian nama file bisa disesuaikan dengan lokasi dan pemberian nama file baru sesuai dengan yang diinginkan.

Catatan :
Perintah Save berikutnya untuk file yang sama tidak menampilkan kotak dialog Save As kembali tetapi hanya menjalankan proses penyimpanan saja.

3.      Open
Perintah Open digunakan untuk membuka kembali file yang pernah kita simpan. Perintah ini dapat dijalankan setelah membuka lembar kerja Microsoft Word terlebih dahulu.

Perhatikan gambar ikon Open pada toolbar standar berikut ini.

Langkah menjalankan perintah Open sebagai berikut :
a.      Melalui menu Pull Down
1.      Klik menu File
2.      Pilih dan klik Open (maka akan muncul kotak dialog Open seperti gambar dibawah ini)
                                 gb. kotak dialog Open
3.      Pada kolom Look in pilih posisi / tempat dimana dokumen yang akan kita buka disimpan dalam direktori di komputer kita / media penyimpan yang lain sebelumnya.
4.      Jika dokumen yang akan kita buka sudah ditampilkan dalam kota dialog Open klik dokumen / file tersebut.
5.      Klik tombol Open
6.      Tunggu sampai file / dokumen tersebut ditampilkan

b.      Melalui Icon pada toolbar standar
1.      Klik Icon Open (maka akan muncul kotak dialog Open seperti gambar diatas)
2.      Pada kolom Look in pilih posisi / tempat dimana dokumen yang akan kita buka disimpan dalam direktori di komputer kita / media penyimpan yang lain sebelumnya.
3.      Jika dokumen yang akan kita buka sudah ditampilkan dalam kota dialog Open klik dokumen / file tersebut.
4.      Klik tombol Open
5.      Tunggu sampai file / dokumen tersebut ditampilkan

c.       Melalui Shortcut Key (tombol percepatan pada keyboard)
1.      Tekan tombol Ctrl + O pada keyboard (maka akan muncul kotak dialog Open seperti gambar diatas)
2.      Pada kolom Look in pilih posisi / tempat dimana dokumen yang akan kita buka disimpan dalam direktori di komputer kita / media penyimpan yang lain sebelumnya.
3.      Jika dokumen yang akan kita buka sudah ditampilkan dalam kota dialog Open klik dokumen / file tersebut.
4.      Klik tombol Open
5.      Tunggu sampai file / dokumen tersebut ditampilkan

4.      Undo dan Redo
Perintah Undo dan Redo dapat kita gunakan pada saat terjadi kesalahan yang tidak disengaja atau disengaja. Perintah undo berfungsi untuk membatalkan perintah terakhir yang sudah kita lakukan dalam lembar kerja untuk dikembalikan pada kondisi sebelumnya, sedangkan tombol redo akan aktif dan dapat kita gunakan untuk membatalkan perintah undo.

Perhatikan gambar ikon Undo dan Redo pada toolbar standar berikut ini.

Langkah menjalankan perintah undo dan redo dapat kita jalankan melalui :
a.      Melalui menu Pull Down
1.      Klik menu Edit
2.      Pilih dan klik Undo/Redo

b.      Melalui Icon pada toolbar standar
1.      Klik icon Undo / Redo (perhatikan gambar icon Undo dan Redo)

c.       Melalui shortcut key  
1.      Tekan tombol Ctrl + Z pada keyboard untuk perintah Undo
2.      Tekan tombol Ctrl + Y pada keyboard untuk perintah Redo

5.      Zoom
Perintah zoom berfungsi untuk merubah tampilan dalam layar monitor diperbesar atau diperkecil untuk membantu melihat isi dari dokumen yang kita buat agar dapat di baca dengan mudah. Fasilitas Zoom dinyatakan dengan % (persen). Maksudnya lembar kerja yang ditampilkan akan diperbesar atau diperkecil sekian persen dari ukuran aslinya. Hasil penggunaan perintah Zoom untuk tampilan di layer monitor ini tidak mempengaruhi besar/kecilnya teks pada saat dicetak.  

Perhatikan gambar ikon Zoom pada toolbar standar berikut ini.

6.      Copy dan Paste
Perintah Copy berfungsi untuk membuat salinan atau duplikat. Perintah ini jika dijalankan harus diikuti dengan perintah paste untuk menampilkan hasil pengcopyan.

Perhatikan gambar ikon Copy dan Paste pada toolbar standar berikut ini.

Langkah menjalankan perintah Copy dan Paste :
a.      Melalui menu Pull Down
1.      Blok teks atau naskah yang akan di copy.
2.      Klik menu Edit
3.      Pilih dan klik Copy
4.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
5.      Klik menu Edit
6.      Pilih dan klik Paste

b.      Melalui Icon pada toolbar standar
1.      Blok teks atau naskah yang akan di copy.
2.      Klik Icon Copy
3.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
4.      Klik Icon Paste

c.       Melalui shortcut key
1.      Blok teks atau naskah yang akan di copy.
2.      Tekan tombol Ctrl + C
3.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
4.      Tekan tombol Ctrl + V

d.      Melalui popup klik kanan mouse
1.      Blok teks atau naskah yang akan di copy.
2.      Klik kanan pada teks yang diblok sehingga muncul popup
3.      Pilih dan klik Copy
4.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
5.      Klik kanan sehingga muncul popup
6.      Pilih dan klik Paste

7.      Cut dan Paste
Perintah Cut berfungsi untuk memindahkan dengan cara memotong sebagian atau seluruh teks ke posisi yang diinginkan. Perintah cut jika dijalankan harus diikuti dengan perintah paste untuk menampilkan hasilnya.

Perhatikan gambar ikon Cut dan Paste pada toolbar standar berikut ini.

Langkah menjalankan perintah Cut dan Paste :
a.      Melalui menu Pull Down
1.      Blok teks atau naskah yang akan dipindahkan.
2.      Klik menu Edit
3.      Pilih dan klik Cut
4.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
5.      Klik menu Edit
6.      Pilih dan klik Paste

b.      Melalui Icon pada toolbar standar
1.      Blok teks atau naskah yang akan dipindahkan.
2.      Klik Icon Cut
3.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
4.      Klik Icon Paste

c.       Melalui shortcut key
1.      Blok teks atau naskah yang akan dipindahkan.
2.      Tekan tombol Ctrl + X
3.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
4.      Tekan tombol Ctrl + V

d.      Melalui popup klik kanan mouse
1.      Blok teks atau naskah yang akan dipindah.
2.      Klik kanan pada teks yang diblok sehingga muncul popup
3.      Pilih dan klik Cut
4.      Tempatkan kursor pada posisi yang diinginkan
5.      Klik kanan sehingga muncul popup
6.      Pilih dan klik Paste


Semoga bermanfaat dan selamat belajar....

Download Artikel :
File name: Perintah Standar Microsoft Word.pdf
File size:361.26 KB